MENULIS BUKU BIOGRAFI

 

Kelas belajar menulis online ini didirikan oleh Om Jay atau Bapak Wijaya Kusumah, M.Pd pada Januari 2020 dan sampai sudah sampai gelombang 16. Pada malam ini sudah pada pertemuan yang ke-22. Narasumber hebat yang akan mengisi kelas yaitu Bapak Suparno, S.Pd., M.Pd. Beliau adalah jebolan alumni kelas belajar menulis Om Jay gelombang ke-3. Pengalaman menjadi guru sudah 25 tahun dan 5 tahun menadi kepala sekolah.memiliki banyak pengetahan dan pengalaman dalam bidang pendidikan dan kepenulisan. Materi yang akan dipaparkan malam ini adalah “ Menulis Buku Biografi”. Beliau didampingi mederator keren Ibu Aan Nurkhasah.

Pukul 19.10 WIB perkuliahaan di mulai. Sebelum memasuki pemaparan materi Bapak Suparno mengajak kami berdoa bersama, mendoakan guru senior kami Om Jay dan Bunda Kanjeng agar lekas sembuh dan sehat sehingga dapat beraktifitas kembali.

Prestasi yang pernah dicapai;

Lulus terbaik D3 IKIP Surabaya tingkat jurusan tahun  89.

Lulus terbaik tingkat jurusan S1. Universitas Wima tahun 1996.

Guru Berprestasi Tingkat Kabupaten tahun 2011 Juara 2

Narasumber Nasional Guru Pembelajar 2016 s.d 2018

Jejak Literasi;

1.   Perjuangan Hidupku 

2.   Telaga ilmu 2019.

3.   Pranatacara lan Pamedhar Sàbda

4.   Potret Desa Pojoksari

5.   Permasalahan BK di Sekolah.

6.   Catatan harian seorang Kepala Sekolah

7.   Catatan Kepala Sekolah.

Biografi berasal dari kata biography artinya riwayat hidup. Sedangkan autobiography  adalah riwayat hidup yang ditulis sendiri. Autobiography kb. (j.-phies) riwayat hidup yang ditulis sendiri.

Manfaat menulis biografi

1.  Mengabadikan riwayat hidup kita, sehingga kalau kita sudah meninggal anak cucu kita, akan mengetahui bahwa kakeknya dulu semasa hidup di dunia ceritanya begini. 

2.   Dari pengalaman yang baik pada diri kita bisa menjadi pembelajaran bagi orang- orang  setelah kita. Sehingga menjadi ilmu jariyah bagi kita.

3. Menjadi motivasi berprestasi bagi kita, karena suatu saat ingin menambahkan riwayat hidupnya menjadi cerita berprestasi lainnya.

4.   Rasanya rugi segudang prestasi yang anda miliki kalau tidak dituliskan akan lenyap ditelan jaman.

Langkah-langkah menulis biografi

1. Mengawali  dengan  membaca  biografi orang orang ternama, maka anda akan terinspirasi mengenai  gaya penulisannya, lay outnya, dan cerita-cerita apa yang penting dituliskannya. Setidaknya bacalah dua buku biografi, lebih banyak lebih baik sehingga anda bisa membandingkannya mana yang anda sukai.

Sambil membaca tulisan boleh meresum, boleh copy paste, tapi redaksinya diubah seolah Bapak Ibu, tapi tetap katakan pendapat Suparno. Ini buku autobiografi saya yang saya tulis tahun 2019

Saya sebelumnya membaca biografinya pak Chairul Tanjung Si Anak Singkong. Kemudian buku teman saya seorang kepala sekolah judulnya Transformasi Kehidupanku. Ini buku biografi Bapak Chairul Tanjung yang dulu pernah sekolah di SMP, SMA Labschool, sekolah dimana Om Jay mengajar.122 orang terkaya di Indonesia. Dua buku itu saya baca tuntas.

2. Kemudian segera menulis outline Itu  contoh  outline  dari  buku  saya Perjuangan Hidupku. Buku ini setebal 173 halaman. Saya tulis dalam 1 bulan. Karena semuanya pernah saya alami, maka tulisannya mengalir seperti  aliran sungai  yang jernih  di gunung yang  belum  tersentuh  tangan jahat  manusia.

Menulis buku autobiografi adalah tingkatan menulis yang paling mudah, karena semuanya  sudah  di  alamai  atau  dilakukan. Jadi  menulislah  apa  yang  kau  lakukan, yang kau rasakan, yang kau pikirkan, yang kau impikan, yang kau khayalkan.

Menulis biografi termasuk apa yang kau lakukan, menulis novel termasuk apa yang kau khayalkan atau fiksi.

Disisi lain menulislah apa yang kau kuasai, menulislah yang kau sukai. Karena yang dikuasai maka kualitas tulisannya menjadi lengkap, detail dan berbobot. Karena yang disukai maka menulis itu merasa enjoy, senang sehingga kegiatan  itu dilakukan secara terus menerus sehingga pekerjaan menulis cepat selesai. Karena yang dusukai maka menulis itu melibatkan rasa dalam hati sehingga bahasanya juga enak dibaca dirasakan dalam hati pembaca.

3. Membuat jadwal menulis, misalnya setiap hari saya harus menulis satu judul. Dan kita harus disiplin dan konsisten dengan jadwal itu. Tidak ada perkara besar yang bisa diselesaikan dengan tidak disiplin dan konsisten. Penulis itu memang orang hebat, orang luar biasa. Pemikirannya pasti melampaui kebanyakan manusia. Penulis itu pengetahuannya mendalam sedalam samudra, memiliki wawasan yang luas, seluas  jagad raya.

Oleh karena itu penulis hebat pasti memiliki kegemaran membaca. JK Rowling penulis buku Harty potter sejak masa kanak-kanak sudah menjadi kutu buku, karena difasilitasi oleh orang tuanya. Pada usia 11 tahun sudah menulis buku.

Penulis itu kadang-kadang dianggap sebagai orang aneh. Kadang rela bajunya  sedikit, rumahnya sederhana, mobilnya sederhana, tapi bukunya banyak.

Keluarga bapak suparno adalah keluarga penulis, isrtinya seorang guru juga menulis. Anaknya menulis novel yang berjudul “halo?’ sudah difilmkan disekolahnya dan memndapat juara 2.

4. Diedit sendiri dan mintakan pendapat teman. 

5. Dikirimkan ke penerbit. Pilih penerbit mana yang bis mengantarkan buku anda untuk  banyak dibaca atau dibeli orang.

6.Covernya dibuat yang baik sehingga "menjual".

7. Judul dibuat menarik dan mimikat orang untuk membaca.

8. Tunggu 15 hari buku anda sudah jadi.

Buku autobiografi tidak usah dicantumkan daftar pustaka, karena di dalamnya berisi riwayat pengalaman hidup pribadi. Seperti halnya novel juga tidak dicantumkan daftar pustaka. Karena termasuk cerita fiksi yang terlahir dari daya imajinasi penulis.

Buku-buku karyanya )

Kriteria buku biografi yang baik adalah:

1. Ketika selesai dituliskannya segera diterbitkan.

2.  Ada nilai edukatif

3.  Dapat menginspirasi pembaca untuk mengambil keputusan yang membuat dia 

   melakukan terbaik tindakan dan perilakunya

4.  Ada prestasi yang menginspirasi.

 

Kesimpulan

Menulis biografi merupakan tingkatan menulis yang paling mudah. Tokoh yang ditulis biografinya bukan selalu orang hebat tetapi tokoh yang dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi orang lain. Biografi ditulis dengan bahasa yang mengandung etik dan estetika.

 

                                                @@@@

Alaska, 24 November 2020


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

TEKNIK PENULISAN BUKU