TEKNIK PENULISAN BUKU

 

Perkembangan teknologi informasi sangat maju pesat. Teknologi dikembangkan untuk mempermudah kegiatan manusia agak lebih efektif dan efisien baik secara material dan non material. Apalagi pada masa pandemi sekarang ini, pertemuan secara fisik dibatasi. Namun segala aktifitas tetap berjalan terutama dalam bidang pendidikan. Pertemuan secara virtual dikembangkan terutama dalam bidang pendidikan.

Pertemuan belajar menulis malam ini telah sampai pada pertemuan yang ke-24. Pada malam ini Om Jay menghadirkan narasumber yang mahir dalam bidang TI dan teknik kepenulisan buku. Beliau adalah bapak Yulius Roma Patandean, S.Pd., putra Tana Toraja, 6 Juli 1984. Lulusan S1 Pendidikan Bahasa Inggris di Universitas Kristen Indonesia Toraja (2007).

Pendidikan S2 di Institut Agama Kristen Negeri Toraja (2019 - Sekarang). Saat bekerja sebagai tenaga pengajar di UPT SMAN 5 Tana Toraja, Prov. Sulawesi Selatan. Pernah menjadi pengajar tidak tetap di Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja, Tutor Universitas Terbuka dan Fasilitator Belajar Yayasan Trampil Indonesia. Beliau pernah ikut dalam belajar menulis ini gelombang 8. Pertemuan malam ini dipandu oleh moderator Ibu aan Nurkhasah.

Buku–buku hasil karyanya

1.     Guru Menulis Guru Berkarya (Penerbit Eduvation, 2020); 

2.    Digital Transformation: Generasi Muda Indonesia Menghadapi Transformasi Dunia (Penerbit ANDI, 2020)

3.    Flipped Classroom (Penerbit ANDI, 2020).

4.    Dua buku terakhir adalah buku yang ditulis bersama Prof. Richardus Eko Indrajit (Rektor Universitas Pradita, Ketua PGRI Smart Learning and Character Center).

                                 Buku I hasil kolaborasi dengan prof. Eko Indrajid                                        

Teknik Penulisan Buku.

Teknik penulisan buku tentang tata cara membuat daftar isi, kutipan dan daftar pustaka secara otomatis, ini bisa disimak di video/channel youtube link: https://youtu.be/eePQwyHAcjw

Materi yang luar biasa bagus, dapat kami peroleh pada petemuan ini. Biasanya menggunakan cara lama dalam membuat daftar isi, kutipan, dan daftar pustaka.. Sekarang ada teknik baru yang lebih praktis dan mudah.

Motivasi Yulius Roma Patandean Mempelajati TI

Ketika masa kuliah dulu, satu-satunya nilai E yang beliau dapatkan adalah Pengantar Ilmu Komputer. Karena penguasaan komputer merupakan pintu masuknya informasi maka, akhirnya itulah yang memotivasinya untuk belajar secara otodidak. Jadi, yang beliau tahu tentang komputer, semuanya diperoleh secara otodidak. Teknis editing penulisan juga dipelajari secara mandiri, kadang-kadang beliau lupa memulainya kembali, karena tidak pernah mencatat.Tetapi beliau terus mempelajarinya berulang-ulang hingga lancar.

Penulisan Indeks:

Penulisan indeks digunakan untuk memudahkan pembaca dalam menemukan istilah yang disebutkan di dalam buku. Khususnya untuk naskah yang diajukan ke penerbit mayor, seperti penerbit ANDI, indeks tulisan sebaiknya dibuat dua (2) Jika menggunakan *citation/footnote*, copy paste full, apalagi jika pendapat para tokoh besar, lalu silahkan diinterpretasikan atau disederhanakan.

Trik menulis menurut Yulius Roma Patandean

Menulis yang paling sederhana adalah menulis sedikit-demi sedikit, walaupun hanya berupa coretan-coretan outline tentang apa yang menjadi minat kita. Terkait fakta-fakta sebaiknya ada dalam bentuk contoh penerapan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga teori yang kita tulis ada contoh praktisnya. Untuk menumbuhkembangkan minat menulis Pak Yulius memulai mengajar rekan-rekan di sekolahnya agar mulai menulis, dimulai dari yang sederhana cerpen kehidupan sehari-hari dan puisi.

Prinsip dalam menulis menurut Yulius Roma Patandean

Dalam menulis, jangan takut salah, nikmati saja alurnya, karena kalimat demi kalimat yang kita tuliskan pada akhirnya akan saling terkait satu sama lain menghasilkan sebuah makna. Berusaha untuk selalu menulis dan menulis apa yang kita  suka dan kita alami, kalimat akan mengalir indah.

Pengalaman menulis Yulius Roma Patandean

1. Beliau biasanya dalam menulis mengambil satu kalimat panjang untuk kutipan dengan ketentuan jelas ada jejak bahwa kita mengutipnya, kadangkala sampai tiga paragraf yang saya selingi dengan pendapat pribadi atau saya simpulkan kutipan itu.

2. Agar tulisan terhindar dari plagiarisme, maka semua kutipan yang diambil, dari manapun , jejaknya harus ada. Apakah dalam bentuk citation atau footnote.

   3, Menulis dengan sistem ATM beliau kurang memahami. Namun dalam menulis, beliau melakukannya untuk membuat ada keselarasan antara ide yang dibuat dengan ide yang kutip. Misalnya, jika teorinya memberikan contoh tentang Kota Jakarta, maka di versi beliau, akan menjadi Toraja.

Pesan Yulius Roma Patandean Kepada Peserta Resum

"Hasilkanlah tulisan yang elegan lewat naskah yang rapi. Setiap tulisan yang kita buat memiliki makna dan nilai. Padukanlah tulisan dari kutipan-kutipan dengan ide-ide kita seperti memadukan gula dan kopi disiram air panas. Air panasnya adalah teknik menulis otomatis yang membuat jiwa kita makin memanas menghasilkan karya selanjutnya".

Kesimpulan:

Mengusai teknologi informasi merupakan salah satu langkah menguasai kehidupan yang dinamis ini. Kemauan keras untuk belajar dan memperlajari merupakan sikap patriatik yang perlu diteladani. Belajar tiada henti karena ilmu selalu berkembang.

Belajar bisa mandiri atau berkolaborasi. Dalam pertemuan ini banyak sekali ilmu yang diperoleh tentang teknik kepenulisan. Belajar menulis dari yang sederhana dekat dengan lingkungan kita.

                                     

Alaska, 28 November 2020

                                                @@@@


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

MENULIS BUKU BIOGRAFI