JEJAK SANG CONTEN CREATOR "HAMZAH RAMADHANI"

        


        Pada masa pandemic seperti ini, Tuhan membangkitkan energy yang kuat, menggerakkan tangan-tangan hebat mendesain karya yang memikat untuk dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh. Mudah dipelajari serta dipahami oleh guru dan siswa di seluruh negeri yang diunggah di canel You Tube. Juga merupakan karya seni yang dapat dinikmati untuk menyejukkan mata ketika lelah. Karya seni berupa video pembelajaran ini didesain oleh bapak Hamzah Ramdhani seorang guru IPA SMPN 2 Bumi Raya, Mawali. Sulawesi Tengah. Beliau  seorang Guru Berprestasi tingkat Nasional pada tahun 2017, menjadi Duta Rumah Belajar  di Sulawesi Tengah tahun 2019, dan penulis buku-buku ilmiah. 
        Kehadiran Bapak Hamzah Ramadani menjadi narasumber pada senin malam ini didampingi oleh ibu Sugiastuti sebagai moderator. Pada pertemuan awal, beliau mengatakan, “Ketertariakan seseorang untuk membaca tulisan ada pada paragraph pertama. Paragraph pertama dalam suatu tulisan akan mempengaruhi sikap pembaca untuk membaca suatu tulisan”. Kali ini beliau tidak menyampaikan topic menulis tetapi berbagi ilmu tentang cara membuat video pembelajaran yang menarik.  

        Kemudian beliau menayangkan dua buah video pembelajaran, untuk dicermati dan dianalisis tentang kejelasan materi, tata letak gambar, informasi lain yang mendukung, backsoudnnya, atau kelemahan dan kelebihan masing-masing video tersebut.

Video 1. Berjudul “Sistem Gerak Pada Hewan dan Tumbuhan”. 

Pengajar sebagai dubbing. Analisis tentang video tersebut. Video ini berdurasi 4.33 menit (link: https://youtu.be/PSJ2wA5LVD0) berisikan suara serta animasi tulisan dan gambar. Suara pada video ini sangat jernih, demikian juga gambarnya sangat jelas, dan gambar-gambar yang dihadirkan variatif disertakan sumber gambar tersebut, hal ini sangat bagus, karena memang semua sumber dari pembelajaran kita harus dicantumkan  sehingga  terhindar dari kesan plagiasi. Tata letak gambar dan tulisan cukup komunikatif, dan suara music pengiring hanya  pada  pembuka dan penutup saja, sehingga tidak menggangu proses transformasi ilmu dalam video tersebut.

Video 2. Berjudul “Perkembangbiakan Hewan-Teknologi Perkembangbiakan".                         

Guru sebagai pengajar yang langsung tampil di depan kamera. (link:https://youtu.be/1J2mCcpSOwY). Pada video kedua suara kurang jelas namun menampilkan keunggulan yang menarik karena guru bisa tampil bersamaan dengan munculnya video tersebut, seperti guru langsung bertatap muka dengan siswa. Keduanya merupakan media pembelajaran yang menarik dan memperjelas pemahaman materi.

Menurut Pak Ramdhani proses pembuatan video yang pertama lebih mudah dibandingkan video yang kedua, karena video yang kedua harus melalui proses perekaman dimana gurunya tampil di depan kamera.

Video yang pertama dibuat dengan teknik dubbing, yang dipelajari secara otodidak  selama lima hari dan hasilnya diaplikasikan pada vidio pembelajaran yang pertama.

Video pembelajaran merupakan salah satu media pembelajaran yang direkomendasikan dalam pembelajaran jarak jauh masa pandemic. Untuk membuat vidio pembelajaran diperlukan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Analisis KI-KD

2. Memilih indikator yang akan dibuatkan video pembelajaran

3. Mengumpulkan aset video

4. Proses perekaman

5. Editing video pembelajaran

6. Review dan Revisi

Aset video merupakan objek yang berisi informasi-informasi yang dibutuhkan dalam video. Aset dapat berupa foto, gambar, atau video. Untuk mendapatkannya bisa melalui google, Freepik. Com, dan youtube. Jika menginginkan gambar yang resolusi tinggi, bisa menggunakan

keyword HD pada google atau bisa juga PNG. Aplikasi Editing video  menggunakan KineMaster. Agar mudah dalam proses rendering atau publish pastikan kita menggunakan yang full version (Resmi)

Pemaparan materi ini sangat menarik bagi saya, karena sebagai pemula masih minim pengetahuan dan pengalaman apalagi di bidang TI masih terbata-bata. Harus  focus mencermati agar bisa mengikuti perkembangan teknologi pembelajaran. Tutorial membuat video pembelajaran menggunakan handphone salah satu solusi yang saya harapkan pun saya dapatkan, lewat link youtube yang beliau bagikan. (link:https://youtu.be/wcTTPZTzpJA).

Dalam membuat Video tidak ada aplikasi editing video yang terbaik, yang terbaik adalah yang kita kuasai. Semua aplikasi editing video dengan handphone ramah dengan Pemula.

Banyak motivasi yang  terekam dalam memori di kepala saya, dari perjalanan kariernya, belajar mandiri, berkreasi, memodifikasi, dan usaha tak pernah henti. Pada akhir pertemuan beliau meninggalkan pesan:

 1. Tetap semangat belajar

 2. Tidak pernah membuat target juara

 3. Memaksimalkan kemampuan

 4. Mengikuti semua alur kegiatan secara maksimal

 5. Berdoa dan berserah diri.

 

                                                                        @@@

Alaska,13 Oktober 2020

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

MENULIS BUKU BIOGRAFI

TEKNIK PENULISAN BUKU