MAHKOTA SEORANG PENULIS

Yuk berkarya….!  Wadahnya sudah tersedia. Menulis  bagi penulis menjadi bagian dalam hidup ini. Banyak orang yang menulis menghasilkan hasil karya, namun setelah jadi karya berupa buku, mereka bingung  mencari penerbit yang dapat menerbitkan karyanya, selain itu juga mempunya rasa tidak yakin kalau bukunya tak laik terbit. Ketidakpercayaan yang muncul itu sangat menghambat pengembangan kreatifitas, sehingga  karyanya hanya tersimpan untuk diri sendiri. Pada hal semua  tulisan bermuara pada buku.

Lalu bagaimana supaya buku karya kita  bisa diterbitkan oleh penerbit mayor? Kini YPTD telah hadir untuk menjembatani bagi siapa saja yang tertarik dibidang penulisan buku dan  menerbitkannya. 

Yayasan  Pusaka Thamrin Dahlan  bergerak di bidang sosial kemasyarakatan khususnya bidang pendidikan. focus membantu para penulis menerbitkan buku berlisensi Barcode ISBN Perpustakaan Nasional tanpa biaya.

Kegiatan ini dilakukan mengingat selama ini para penulis terkendala dalam menerbitkan buku karena tidak diterima oleh Penerbit Mayor (besar) sedangkan naskah buku sudah tersedia. Disamping itu keinginan menerbitkan buku secara indie (pribadi) melalui perusahaan jasa penerbit memerlukan biaya yang cukup besar.

Oleh karena itu YPTD bertekad membantu para penulis memiliki master buku sebagai Mahkota seorang Jurnalis. Sejak kegiatan di canangkan pada tanggal 19 Agustus 2020 YPTD telah membantu menerbitkan 36 Buku para penulis. Tentu saja kegiatan ini merupakan bagian tak terpisahkan turut serta dalam upaya meningkatkan kualitas dan kuantitas Literasi Indonesia.

Program Menerbitkan Buku                                                                                   

Program A : Penulis telah mempunyai naskah buku segera kirimke email     thamrindahlan@gmail.com

Program B : YPTD menerbitkan Buku dari Para Penulis posting di website terbitkan buku gratis.id   setelah terkumpul naskah 150 – 200 halaman.

Program C : Penulis posting  di website, YPTD terbitkan buku gratis.id sampai 40-50 artikel kemudian buku diterbitkan YPTD

 

Proses  Penerbitan Buku :

1.   YPTD menerima naskah buku penulis via email thamrindahlan@gmail.com 

    lengkap dengan Judul, Daftar Isi, Cover depan belakang buku dan kata pengantar.

                 Ketentuan standard baku buku terbitan YPTD

a.       Ukuran A5

b.      Font 12

c.       Margin 1.5/1/1/1

d.      Huruf  Times News Roman

e.       Spasi 1.5

f.       Ketebalan 150 – 200 Halaman

2.      Tahapan selanjutnya setelah naskah memenuhi standard  baku, Admin YPTD setiap hari Senin mengajukan permohonan Lisensi Barcode ISBN (International Standard Book Number) ke Perpustakaan Nasional.

3.      Setelah Barcode ISBN di keluarkan Perpustakaan Nasional,  Admin meng informasikan kepada para penulis melalui  WA Group terbitkan buku gratis agar para penulis melakukan editing atau persiapan buku sebelum naik cetak.

4.      Admin YPTD menyiapkan Kata Pengantar Penerbit, Halaman Judul dan Nomor Urutter bit serta Barcode ISBN.

5.      Penulis memasukkan point (4) kedalam buku yang akan diterbitkan.

6.      Selanjutnya setiap hari Rabu 2 (dua) pekan sekali Admin YPTD mencetak buku. Seluruh biaya cetak ditanggung YPTD.  Rata-rata biaya cetak buku Rp 250.000 (dua ratus lima  puluh ribu rupiah) per judul. Buku dicetak di Buring Digital Print Jalan Magonda Raya 393 Pondok  Cina Depok.

7.      Setiap Judul Buku dicetak 5 buah dengan aturan distribusi

a.       2 buku untuk Perpustakaan Nasional

b.      1 buku untuk Penulis berikut soft copy (flash disk)

c.       1 buku untuk Penyandang Dana

d.      1 buku untuk YPTD

8.      Buku untuk Penulis berserta soft copy dikirim by logistic transportation.Secara resmi seorang Penulis memiliki Mahkota ketika telah memiliki Buku Perdana. Seandainya ingin memperbanyak buku untuk dipromosikan  kemudian dijual atau untuk hadiah Penulis bisa mencetak Buku secara mandiri menggunakan soft copy di percetakan mana saja.

9.  Buku buku untuk Sponsor akan dikirimkan kealamat by Go Send sesuai jumlah buku kealamat Penyandang Dana berserta ucapan terima kasih telah mendukung Gerakan Menerbitkan Buku ber- ISBN Tanpa Biaya.

10.  Setiap hari Rabu 2 bulan sekali YPTD menyerahkan secara langsung Buku Buku yang telah diterbitkan ke Perpustakaan Nasional sesuai Regulasi ISBN. Buku- buku para penulis menjadi milik dan koleksi negara tersimpan abadi di Perpustakaan Nasional

11. 2 Pekan sekali YPTD minimal mencetak 10 buku sehingga target  menerbitkan 200 buah buku selama satu tahun sampai 29 Juli 2021tercapai.

Inilah paparan materi pada pertemuan ke tujuh. yang telah disampaikan oleh narasumber bapak Thamrin Dahlan seorang penulis, dosen dan ketua YPTD. Materi ini sangat bagus. Memberi angin segar bagi para penulis untuk membantu mewujudkan mimpi agar dapat menerbitkan buku pada penerbit mayor yang berlisensi ISBN. Buku akan abadi keberadaannya. Orang bijak akan selalu menulis, menciptakan karya, dan menorehkan nama pada buku karyanya agar hidup selamanya.

                                                            Selamat berkarya

                                                                        @@@

Alaska, 20 Oktober 2020

 

Comments

  1. Sebenarnya bagus sih. Cuma, untuk ke depannya, lebih bagus dengan bahasa sendiri. Yah, untuk beberapa ambil langsung dari materi boleh juga. Tapi, mesti dengan tanggapan dan penceritaan kembali.

    Begitu saja komentar dari saya. Semoga tambah sukses ya! Sip!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih pak, saya sangat senang mendapat penerahan

      Delete
  2. Mantappp lanjutkan dan tetap semangat

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

MENULIS BUKU BIOGRAFI

TEKNIK PENULISAN BUKU