TRAVELING KE KOTA BLOGER

Perjalanan malam ini akan menuju pos keenam. Masih dalam kloter yang sama kelas menulis gelombamg enam belas yang  dinahkodai oleh Om Jay dan pramuperjalanan bunda Aam Nurhasanah. Rombongan diajak jalan-jalan untuk dipertemukan dengan narasumber Bapak Bambang Purwanto yang akrab dipanggil Mr Bams. Pakar Teknologi Informasi yang sudah lama malang melintang di dunia bloger. Pemain senior yang eksis dan konsisten dalam mengelola blog dan menularkembangkan blog dalam berbagai tempat dan media. Selain  bloger beliau juga pegiat literasi, pendongeng, support IT kelas online, dan aktifis masyarakat. Beliau juga guru di SMP TARUNA BAKTI .

Perjalanan telah sampai di arena  pukul 19.00 WIB. Pemandu kami mengawali pertemuan dengan mengucapkan salam. Kemudian disambut oleh Mr. Bams dengan salam bahagia. Sebelum masuk diruang utama kami singgah dulu di galeri depan, di dinding  terpampang bagan kegiatan, foto , profil dan prestrasi Mr. Bams. https://penamrbams.id/profil-mr-bams/ 


Pengalaman menulis Mr. Bams  yang dituang  dalam blog. tidak diawali dari blog pribadi tetapi ketika menjadi wali kelas, guru mata pelajaran, pengelola suatu organisasi.

Blog  yang pernah dibuat Mr. Bams dimuat dalam link ini

https://penamrbams.id/contoh-blog-yang-dikelola-mr-bams/

Kami diberi waktu lima menit untuk menjelajahi ruang yang memuat blog tersebut. Menikmati blog-blog hasil karyanya seperti diorama yang perpajang tertata manis dideret dinding-dinding musium.

Blog yang dikelola Mr. Bams :
   1.
https://tik2smptb.wordpress.com/ (telah pindah ke website)  
   2.  https://tb8e1516.wordpress.com/

   3.  https://tb7d1617.wordpress.com/                                                         

   4. https://tb7b1718.wordpress.com/

   5.  https://lebakwangimembaca.wordpress.com/

   6.  https://rw13lebakwangiasri.wordpress.com/
   7.  https://forumtbmkabbandung.wordpress.com/
   8. 
https://literasismptarbak.wordpress.com/ ( telah pindah ke website)

   9.   https://bepenamrbams.wordpress.com/    (telah pindah ke website)          

Sedangkan kalimat bahagia yang setiap hari dibuat untuk penyemangat, sebagai bentuk dari latihan menulis yang sampai saat ini masih dilakukan dimuat dalam https://youtu.be/PkLTlCHi-sc

Blog menjadi media untuk mendokumentasikan tulisaan kita, yang berisikan pengalaman, hobi, pekerjaaan, dan latar belakang kedihupan. Kelas  menulis yang dikelola Om Jay mengalami peningkatan yang luar biasa karena setiap peserta diajak memiliki blok, sehingga hasil belajar yang setiap minggu  bisa didokumentasikan.

Cara mengelola blok secara konsisten, menurut sebagian orang wordpress itu lebih sulit

dibanding bloksport, tapi bila punya kemauan kuat itu bisa dikalah. Masa pandemic guru dituntut untuk mempunyai blok untuk pembelajaran jarak jauh. Banyak yang berminat memiliki bloksport pindah ke kelas wordpres untuk balajar. Penggunaan Wordpress atau blogspot  hanya tergantung dari selera atau kebiasaan. Selama konsen terus dengan blog tersebut pasti bisa menjalankan blog itu dengan baik. Jadi apapun blog isinya tetap tulisan yang membuat semua orang terinspirasi.

Mr.Bams mulai ngeblog sejak tahun 2008 ketika menjadi guru di SMP Taruna Bakti kota Bandung, mengajar mata pelajaran TIK dan memberikan ekskul IT. Ekskul IT beliau mengajar membuat blog, tapi awalnnya multiply. Menggunakan wordpress baru tahun 2012

Bagi penulis pemula, rajinlah menulis dari apa saja yang sukai. Hasil tulisan bisa disimpan dikertas saat punya ide, kemudian dipindahkan di pengolah kata (microsoft word, atau yang lainnya). Kemudian bisa diposting di blog yang dikelola. Kuatkan komitmen atau kemauan untuk tetap mau menulis. Sering membaca buku atau postingan blog yang lain bisa memotivasi diri agar selalu ingin menulis. Mengelola blog itu tergantung blog yang digunakan apa, yang penting bisa posting sesuai dengan kemampuan atau komitmen yang dibangun pada diri pribadi

Langkah awal menulis di blog WordPress :

1. Menguasai cara mengelola blog di WordPress

2. Belajar posting di blog

3. Simpan tulisan di word terlebih dahulu, baru dipos di blog

4.  Mengelola blog yang baik agar mudah dikenal banyak orang, rajin posting

5. Rajin share di media sosial yang kita miliki (WA, IG, Facebook)

6. Menguasai tampilan yang disediakan oleh blok ,agar menarik.

Agar konsisten menulis  setiap hari kita harus menjaga  komitmen yang kuat untuk menulis. Sering membagikan postingan, membuat tulisan  yang menarik orang lain untuk membacanya. Karena tulisan akan menjadi warisan yang dinikmati sepanjang  masa. Hidup kita dibatasi waktu, akan tetapi karya kita tidak aka ada batasnya. Judul tulisan sangat mempengaruhi daya tarik pembaca. Judul bisa tersusun dari lima sampai tujuh kata.

Literasi dikembangkan mulai sejak tahun 2013.  https://youtu.be/ERfPc1VcRho   .

Kegiatan literasi awalnya menjadikan kebiasaan bagi peserta didik untuk membaca. Kegiatan literasi dilaksanakn setiap harinya diluar jam belajar. Ending literasi yang diharapakan anak-anak memiliki kemampuan membaca, menulis dan berbicara. Tidak selamanya buku menjadi salah satu produk literasi yang harus dibuat. Anak-anak bisa menyimpan karyanya di blog.

Literasi dalam keluarga diawali  dengan membuat Taman Bacaan sejak tahun 2011 di rumah yang ditinggali sejak tahun 2007. Karena sebagai pendongeng harus banyak membaca buku, untuk  referensi. Tahun 2012 mendapatkan amanah ditambahnya rumah, maka rumah pertama digunakan sebagai Taman Bacaan Masyarakat (TBM) AS Lebakwangi yang melayani pengunjung yang ingin membaca dan meminjam buku secara gratis, sampai sekarang masih terus berjalan.

Berbagi kalimat bahagia di keluarga Mr. Bams misalnya: pada hari Sabtu saling mengucapkan  satu kata semangat, hari Minggu mengucapkan kalimat bahagia, dan setiap jum’at mengecek hafalan bacaan Alqu’ran. Halsudah diterapkan hampir tiga tahun, dan menjadi inspirasi tulisannya di Instagram, weblog dan facebook, kemudian mencoba dibawa ke sekolah menjadi program kalimat bahagia, dan berjalan lancar.

Pada akhir pertemuan beliau, menyampaikan pesan (mario teduh sebagai motivator) “Mari tenang dalam urusan hidup”. Dalam urusan menulis, menulislah dengan gembira, suka cita apa pun yang bisa ditulis, tulis saja. Apalagi sudah punya blog, posting di blog sehingga blog bisa dinikmati oleh pengunjung yang ada didunia ini. Rajin terus menulis. rajin posting.

 

@@@

  Alaska, 17 Oktober2020

 

 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

MENULIS BUKU BIOGRAFI

TEKNIK PENULISAN BUKU