JURUS JITU MENULIS MENEMBUS PENERBIT MAYOR

Cuaca senja terang benderang, langit jingga mulai meninggalkan warna. Berganti menjadi  warna biru kelabu,  gelap merentang bersama munculnya sang rupawan bintang kejora yang menebar rona warna peraknya menghias cakrawala. Angin senja mengalir sejuk  menghantar datangnya waktu magrib tiba. Sambil menunggu adzan berkumandang, duduk bersandar pada sofa sambil belajar marangkai kata menjadi  kalimat-kalimat yang bemakna.

Sebentar lagi akan tiba waktu berguru pada tokoh-tokoh hebat bidang kepenulisan dan penerbitan buku. Melalui media WA dalam kelas belajar menulis yang dipromotori oleh Om Jay. Pada kesempatan ini telah sampai pada pertemuan yang ke-13.

Narasumber pada malam ini Bapak Pak Joko Mumpuni. Beliau adalah Direktur Penerbit Mayor PT Andi, yang ramah dan baik hati. Pertemuan ini dimoderatori oleh bunda Aam Nurhasanah. Kehadiran Pak Joko malam ini memberi cahaya terang bagi para penulis  pemula di gelombang 16 yang ingin memasukan hasil karyanya ke penerbit mayor. Materi yang sangat bagus yang kami tunggu. Pemaparan materi menggunakan metode mengunakan gambar slide dan voice note. Runtut, padat, dan jelas memaparkan slide demi slide.

A.   Program Buku Pasar.

Program ini penting bagi kami, agar kami mengetahui lebih awal tipe dan kelompok buku yang menjadi selera pasar. Kelompok buku seluruh dunia lazim digambar dengan skema sirip ikan. Terbagi menjadi dua kelompok besar yaitu buku teks dan non teks.

Buku teks adalah buku yang dipergunakan untuk proses PBM dari PAUD, SD sampai  perguruan tinggi. Buku non teks buku yang tidak digunakan dalam pembelajaran.

Buku teks dibagi dua yaitu buku pelajaran (bupel) dan buku perguruan tinggi (perti) buku teks buku pelajaran yaitu buku-buku yang dibutuhkan siswa  mulai dari tingkat  PAUD, TK, SD, SMP, dan SMA/SMK

Buku teks perguruan tinggi lebih banyak variannya karena jumlah fakultas dan jumlah jurusan lebih banyak .

Buku teks perguruan tinggi dibagi dua bagian yaitu buku eksak dan non eksak.

Buku non teks dibagi dua kelompok besar yaitu buku fiksi dan non fiksi.

Buku fiksi meliputi: komik, antologi cerpen, antologi puisi, dan novel.

Buku non fiksi meliputi: buku pengetahuan umum, buku anak, dan aktifitas anak.

 

B.    Buku Karya Bersama

Satu judul buku boleh ditulis oleh lebih dari satu orang.

Berikut ini contoh buku-buku karya sendiri dan karya bersama 







C.    Bagan Posisi Kita Dalam Menulis.

Gambar di bawah ini menunjukkan kejujuran hati kita tentang keterkaitan kemampuan dan pengetahuan kita dalam tulis-menulis. Kita barada pada level mana?

Kita sudah berada pelatihan ini dalam beberapa pekan dan sudah mendapat pembekalan ilmu yang banyak. Maka kita selayaknya berada pada level paling atas, yang berarti siap membulatkan tekat ingin menulis dan siap menulis (yes, I did it) !

D.   Industri Buku

Penulisan buku sebagai indutri buku coorbisnya adalah penerbitan buku. Dalam penerbitan buku itu melibatkan banyak stakeholder, ada yang pribadi namun hanya sedikit, sedang oleh lembaga lebih banyak. Bisa perusahaan yang banyak sekali karyawannya, misalnya penerbit ”Andi” memiliki 600 karyawan, Pabrik kertas, banknya, dan pengirimannya.

Kehadiran penulis dengan karyanya sangat penting karena dapat menjaga stabilitas perputaran roda perekonomian tetap berlansung, sehingga dapat menghidupi banyak orang. Penulis merupakan pekerjaan yang mulia, bisa menghantarkannya masuk surga. Maka kita harus berusaha menulis agar tulisan kita dapat diterima penerbit mayor.

E.    Literasi di Indonesia Sangat Rendah

Literasi di Indonesia paling rendah se-Asia Tenggara. Levelnya di bawah Vietnam. Tingkat literasi yang rendah mempengaruhi pertumbuhan Industri penerbitan. Penyebab keterpurukan ini adalah: a) Minat baca, budaya baca tidak tumbuhkembang dengan baik, kurangnya bahan bacaan, kualitas bahan bacaan.

b) Kurangnya minat menulis karena tidak tahu prosedur menulis & penerbitan, ada anggapan yang salah tentang penerbitan. c) Apresiasi hak cipta adanya pembajakan, duplikasi, dan perangkat hukum.

F.    Alur Penerimaan Naskah Pada Penerbit Mayor “Andi”

Bila naskah selesai ditulis dikirim ke penerbit. Naskah yang masuk dipelajari lebih dahulu oleh penerbit. Ada dua kemungkinan jawaban yang diterima penulis yaitu: diterima atau ditolak. Bila ditolak naskah dikembalikan, jika diterima naskah akan diterbitkan atas biaya penerbit.

Penerbit memberI surat pemberitahuan resmi bahwa naskah tersebut akan diterbitkan dan dilampiri surat perjanjian penerbitan. Penerbit meminta soffcopi dikirim untuk diedit, dibuat cavernya, di setting isinya. Naskah disempurnakan oleh pulwa editor. Kemudian naskah buku yang sudah jadi tetapi belum dicetak (Gami) itu dikirin ke penulis untuk dikoreksi sebelum penerbit mencetak secara massif. Setelah naskah dikoreksi penulis mengirimkan kembali ke penerbit untuk dicetak secara massif.

G.    Memilih Penerbit yang Baik

Ciri-ciri penerbit yang baik antara lain:

1.     Memiliki visi dan misi yang jelas

2.    Memiliki bissnes core lini produk tertentu

3.    Pengalaman penerbit

4.    Jaringan pemasaran luas

5.    Memiliki percetakan sendiri

6.    Keberanian mencetak jumlaheksemplar

7.  Kejujuran dalam pembayaran royalti

H.   Dasar Penerbitan Buku

Sebuah buku diterbitkan  atau tidak berdasar pada sistem penilaian  di penerbitan.

    Setelah buku dapat masuk ke penerbit mayor. penulis akan memperoleh hal sebagai berikut :


 I. Setelah buku dapat masuk ke penerbit mayor. penulis akan memperoleh hal sebagai berikut :

  J. Naskah yang Bisa diterima dan Diterbitkan oleh Penerbit Mayor

1.     Tema tidak populer tetapi penulis populer ini peluang pasar besar.

2.    Tema populer penulis populer merupakan buku yang paling laris.

3.    Tema populer penulis tidak populer ini untuk para pemula. Buku akan menemuai takdirnya.

Untuk mengetahui tingkat kepopuleran suatu tema dapat dilihat di geogle trends. Pada trending kita cari dengan kata “pemasaran” akan muncul tema-tema sedang trends.

Kesempatan baik telah terbentang tinggal bagaimana kita memainkan tangan menguntai kata mewujudkan impian.

Bila kau bukan anak raja, juga buka anak ulama besar, maka menulislah…( Al Ghazali)

 

 

                                    @@@@

Alaska, 03 November 2020


Comments

Popular posts from this blog

PENULIS PEMULA DI USIA SENJA

MENULIS BUKU BIOGRAFI

TEKNIK PENULISAN BUKU